SEKOLAH BISNIS ONLINE

03/11/12

TIPS SUKSES MEMILIH DAN MEMBELI NAMA DOMAIN


          Nama domain merupakan syarat mutlak untuk membangun sebuah blog / website. Jangan pernah menganggap remeh untuk hal yang satu ini. Memilih nama domain jangan yang asal – asalan, karena akan sangat berpengaruh bagi blog / website anda. Mengapa demikian?

          Dibawah ini beberapa pertimbangan yang sebaiknya anda lakukan sebelum memutuskan untuk memilih nama domain:

1. Pilihlan nama domain sebanyak 1 sampai 3 kata, jangan lebih. Malah sebaiknya jika hanya menggunakan 1 atau 2 kata saja, karena pertimbangan agar mudah diingat oleh orang lain dan juga karena mesin pencari seperti Google lebih mengutamakan nama domain yang singkat untuk dilacak.

2. Pakaia nama domain yang ada hubungannya dengan blog / website kamu. Misalnya blog kamu tentang bisnis pariwisata, maka jangan pilih nama domain yang berbau politik, kan ‘gak nyambung, he...he..... Sebaiknya juga jangan menggunakan bahasa daerah, agar terlihat komersial.

3. Cari nama domain yang erat hubungannya dengan kata kunci yang banyak dicari pengunjung, sehingga blog / website kamu akan mudah di lacak oleh mesin pencari Google.

4. Jika nama domain yang kamu pilih sudah dipakai orang lain dan kamu tetap ingin menggunakan nama tersebut, maka sebaiknya tambahkan tanda penghubung (-) di antara kata dari nama itu atau tambahkan kata lain sesuai selera yang letaknya didepan atau dibelakang nama domain pilihan kamu.

Misalnya kamu memilih nama domain pariwisataindonesia namun orang lain telah memakai nama tersebut, maka tambahkan saja tanda penghubung diantaranya menjadi pariwisata-indonesia atau tambahkan kata “ku” di belakangnya menjadi pariwisataindonesiaku.

          Perlu juga diketahui mengenai kriteria bagi penggunaan nama domain, seperti jika blog / website untuk pemerintahan sebaiknya menggunakan . go.id (goverment indonesia) atau .gov (government), untuk pendidikan menggunakan .ac.id (academic id), untuk bisnis menggunakan .com (commercial) atau .co.id (commercial indonesia), untuk oraganisasi menggunakan .org (organisation), dan lain lain.

          Nah..., untuk mengetahui setiap nama domain yang kamu pilih apakah telah ada orang lain yang menggunakannya ataukah belum, maka silahkan cek domain disini http://whois.domaintools.com.

          Sebagai referensi jika kamu berminat membeli domain pada salah satu perusahaan hosting terbaik di Indonesia, silahkan klik disini.

          Semoga tips ini bisa membantu untuk menjadi pertimbangan dalam memilih nama domain bagi blog / website kamu.

Salam sukses.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar